Jumat, 19 Februari 2010

Europa League


Juventus Kuasai Amsterdam Arena

Ajax Amsterdam vs Juventus. (Foto:Getty 
Images)
Amauri menjadi penentu kemenangan Juventus atas Ajax Amsterdam di leg pertama babak 32 besar Europa League, Kamis (18/2).
Keputusan pelatih Alberto Zaccheroni menurunkan Amauri sebagai starter rupanya membuahkan hasil positif. Amauri tak hanya sukses membuat Juventus menyamakan kedudukan 1-1, tapi juga menjadi penentu kemenangan I Bianconeri atas Ajax, yaitu dengan skor akhir 2-1.
Inilah kemenangan keenam Juventus atas Ajax dalam 11 pertemuan. Sebelumnya dari 11 pertemuan itu, Juventus menang lima kali dan kalah dua kali.
Juventus sempat tertinggal lebih dulu melalui gol yang dicetak Miralem Sulejmani di menit ke-17. Tapi Juventus kemudian berhasil menyamakan kedudukan melalui gol yang dicetak Amauri di menit ke-32.
Bertindak sebagai tuan rumah, Ajax tampil begitu agresif. Gol pertama Ajax yang dicetak Sulejmani adalah hasil dari serangan balik cepat. Tendangan kaki kiri Sulejmani sukses menaklukkan kiper Gianluigi Buffon.
Selang beberapa saat usai gol Sulejmani. Juventus mendapat peluang melalui sundulan Giorgio Chiellini dan Amauri. Tapi dapat digagalkan kiper Ajax, Maarten Stekelenburg.
Juventus bahkan kembali mendapat peluang di menit ke-25 melalui Diego. Sayang, umpan dari Del Piero terlambat menyambutnya.
Juventus baru bisa menyamakan kedudukan jelang pertengahan babak pertama. Umpan silang Paolo De Ceglie diteruskan dengan baik oleh Amauri yang mencetak gol melalui sundulan. Gol ini sekaligus mengakhiri paceklik gol Amauri selama empat bulan lamanya.
Tak ingin dipermalukan di hadapan pendukungnya sendiri, Ajax berupaya membalas. Namun Ajax justru dikejutkan dengan gol kedua Amauri yang dicetak di menit ke-58.
Amauri rayakan gol kedua. (Foto:Getty Images)
Pelatih Ajax, Martin Jol lalu melakukan dua kali pergantian pemain untuk menambah daya gedor serangan.
Sulejmani dan Urby Emanuelson ditarik keluar dan digantikan Dennis Rommedahl dan Christian Eriksen. Masuknya kedua pemain ini memang membuat permainan Ajax berubah.
Ajax tampil mendominasi 15 menit jelang berakhirnya pertandingan. Di menit ke-92, Eriksen mendapat peluang. Tapi gagal membuahkan gol.
Dengan kemenangan 2-1 atas Ajax ini, Juventus tinggal sedikit lagi memastikan tiket lolos ke babak 16 besar Europa League. Juventus akan ganti menjamu Ajax di Turin pada leg kedua, 25 Februari mendatang. (Adek)
Line-up:
Ajax:
Stekelenburg; Van der Wiel, Oleguer, Alderweireld, Vertonghen; De Zeuww, Eyong Enoh (Suk 86), De Jong; Suarez, Sulejmani (Rommedahl 80), Emanuelson (Eriksen 73)
Juventus: Buffon; Zebina (Grygera 46), Legrottaglie, Chiellini; Marchisio, Felipe Melo, Sissoko, De Ceglie; Diego (Trezeguet 80); Amauri (Salihamidzic 71), Del Piero.
Statistik:
Total tembakan: 19 - 4
Pelanggaran: 11 -7
KK/KM: Sulejmani (30), Oleguer (45+1), Suarez (61) – Legrottaglie (29), Marchisio (42), Diego (51)/ Salihamidzic (90+2)
Offside: 2 - 4
Corner: 9 - 2 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar